22 Januari 2009

Indahnya Matahari Terbit Di Pantai Sanur, Bali

Pantai Sanur terletak di Desa Sanur, kecamatan Denpasar Selatan, Kotamadya Denpasar, Propinsi Bali, Pulau Bali.
Pantai Sanur berjarak sekitar 6 km dari pusat Kota Denpasar dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, dapat juga mengunakan kendaraan umum yang sangat ramai mondar-mandir sepanjang Denpasar sampai Sanur.

Pada hari minggu maupun hari libur nasional, Pantai Sanur banyak dikunjungi oleh penduduk Kota Denpasar, mereka datang bersama keluarganya untuk bersantai.
Pantai Sanur merupakan tempat rekreasi yang sangat cocok untuk liburan keluarga di Bali, dengan suasana pantai yang tenang dan ombaknya yang tidak terlalu besar membuat Pantai Sanur sangat cocok untuk tempat melakukan kegiatan seperti berenang, mancing, main kano, mandi dilaut dan kegiatan parasailing.
Dipinggir pantai dapat dilakukan kegiatan seperti olahraga volley pantai, anak-anak kecil dapat bermain pasir untuk dibentuk menjadi bentuk yang diinginkan dan yang tidak kalah menariknya adalah banyaknya wisatawan dari luar negeri yang lagi asyik berjemur sambil menikmati keindahan Pantai Sanur.

Hal-Hal Yang Menarik Di Pantai Sanur
Sebelah utara Pantai Sanur, pantainya melingkar seperti setengah lingkaran, sedangkan bagian selatannya berbelok dari timur kebarat.

Pantai Sanur mempunyai gelombang air laut yang tidak begitu besar dan jika air lautnya surut maka akan terlihat keindahan batu karang yang membentang dan berwarna-warni.
Gelombang air laut Pantai Sanur agak besar ketika mendekati hari bulan mati.

Disebelah tenggara Pantai Sanur, yang berada diseberang lautan dapat terlihat adanya gugusan Pulau Nusa Penida.
Disebelah timur Pantai Sanur, dapat terlihat pemandangan pantai selatan Pulau Bali dengan gunungnya.

Pada sore hari ketika air laut surut dan gelombangnya hanya merupakan riak kecil, dari Pantai Sanur sebelah selatan dapat terlihat diseberang lautan ada gugusan Pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok kelaut.
Tempat untuk meninjau yang strategis adalah berada disebelah timur pantai yaitu di Semawang dan Mertasari.

Dikawasan wisata Pantai Sanur terdapat Museum Le Mayeur yang yang sebelumnya adalah sebuah sanggar lukis. Nama Museum Le Mayeur ini diambil dari nama sang pelukis sendiri yaitu A. J. Le Mayeur.
A. J. Le Mayeur adalah pelukis asal Belgia yang menetap di Bali pada tahun 1937 dan menikah dengan gadis Bali yang bernama Ni Nyoman Polok. Ni Nyoman Polok adalah seorang penari Legong yang terkenal pada masa itu. Melalui A. J. Le Mayeur, Pantai Sanur mulai diperkenalkan kedunia internasional.

Jika Pantai Kuta terkenal akan keindahannya matahari terbenam (sunset), maka Pantai Sanur terkenal akan keindahan panorama matahari terbit (sunrise). Rasanya kurang lengkap kalau belum menyaksikan indahnya matahari terbit di pagi hari di Pantai Sanur.

Fasilitas Yang Tersedia
Disekitar daerah Pantai Sanur tersedia cukup banyak penginapan, hotel, hotel-hotel berbintang, restoran, warung makan, kios-kios souvenir, restoran cepat saji (Mc Donald, Kentucky Fried Chicken, Dunkin Donuts), villa dan resort.

Disekitar kawasan Pantai Sanur banyak dijual barang-barang kerajinan seni dari Bali, seperti kain, baju, sandal, topi, kalung, gelang dan lain-lainnya.