05 Februari 2009

Kawah Putih, Sebuah Lukisan Indah

Kawah Putih adalah sebuah daerah wisata di Daerah Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Kawah Putih adalah sebuah kawah yang terdapat di puncak Gunung Patuha, kawah ini digenangi oleh sumber mata air yang turun mengalir kearah kawah sehingga kawah terisi air dan membentuk sebuah danau yang airnya hangat. Permukaan kawah pada umumnya berbatu dan pasirnya berwarna putih sehingga dikenal dengan sebutan sebagai Kawah Putih.
Kawah Putih terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad X dan abad XII.
Kawah Putih terkenal akan keindahannya yang mempesona dan eksotis sehingga akan membuat terkagum-kagum bagi siapapun yang datang mengunjunginya.
Gunung Patuha mempunyai ketinggian 2.434 meter diatas permukaan air laut dan ketinggian Kawah Putih adalah 2.194 meter diatas permukaan air laut. Temperatur udara di waktu pagi di puncak Gunung Patuha adalah cukup dingin yaitu berkisar antara 15 ºC sampai 20 ºC.

Kawah Putih merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan alamnya yang begitu mempesona, layaknya seperti sebuah lukisan pemandangan alam yang indah nan menawan hati.

Hal –Hal Yang Menarik Pengunjung :
Kawah Putih mempunyai keunikkan yaitu diatas air danaunya terdapat asap yang mengepul dan air danaunya dapat berubah-rubah warna menurut kondisi cuaca, air yang berwarna putih adalah yang sering ditemui, terkadang air berwarna coklat susu, berwarna hijau apel serta kebiru-biruan.
Kawah Putih karena keindahannya sering dijadikan sebagai tempat pemotretan dan merupakan salah-satu tempat yang disukai oleh para pencinta fotografi.

Perjalanan menuju Kawah Putih
Rute perjalanan:
Jakarta – Tol Cipularang – Ke Pintu Keluar Tol Kopo – Kota Soreang – Kota Ciwidey – Menuju Pintu Gerbang Masuk Kawasan Wisata Kawah Putih.
Rute perjalanan:
Bandung – Kota Ciwidey - Menuju Pintu Gerbang Masuk Kawasan Wisata Kawah Putih.

Fasilitas Yang Tersedia
Disekitar pintu gerbang masuk Kawasan Wisata Kawah Putih tersedia villa-villa yang bisa disewa oleh wisatawan.
Tidak jauh dari Kawah Putih tersedia tempat parkir yang luas, transportasi transit ke kawah, mushala, pusat informasi, warung makan, kios-kios cinderamata, pedagang buah strawberry.

Saat Terbaik Untuk Berkunjung Ke Kawah Putih
Saat terbaik untuk berkunjung ke kawasan wisata Kawah Putih adalah dimusim kemarau.

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa
Untuk melindungi diri dari udara dingin adalah perlu untuk membawa jaket yang tebal atau baju hangat, penutup kepala, kaos tangan, syal untuk penghangat leher serta bekal makanan dan minuman secukupnya.
Bawalah masker atau penutup hidung jika alergi terhadap bau belerang karena kadang-kadang bau belerang tercium sangat menyengat.

Yang Harus Menjadi Perhatian
Dikawasan ini, untuk sebagian orang mungkin bau belerang yang tercium akan menyebabkan batuk-batuk.
Dikawasan ini hujan bisa turun kapan saja, sehingga jika perlu lindungi alat-alat atau barang-barang bawaan yang mudah rusak jika terkena air hujan.

Kawasan Wisata Kawah Putih adalah sebuah obyek wisata didaerah Jawa Barat yang layak untuk dikunjungi baik oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.
Pengunjung dapat berkunjung setiap harinya ke Kawasan Wisata Kawah Putih (Senin s/d Minggu) mulai dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 17.00 WIB.