29 Agustus 2009

Yogyakarta - Pusat Budaya Jawa

Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta letaknya di Pulau Jawa, ibukota propinsinya adalah Yogyakarta, daerah Yogyakarta terletak dikaki Gunung Merapi.
Disebut Daerah Istimewa Yogyakarta karena selama revolusi kemerdekaan Yogyakarta pernah menjadi Ibukota Republik Indonesia.
Pada zamannya, Yogyakarta adalah sebuah kerajaan yang diperintah oleh seorang raja dan sekarang Yogyakarta adalah bagian dari wilayah Republik Indonesia.
Keraton Yogyakarta adalah istana raja dan merupakan tempat tinggal Sri Sultan Hamengku Buwono X dan keluarganya.
Sebagai kota pariwisata dan sebagai pusat dari budaya jawa, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota pelajar atau kota pendidikan, banyak pelajar dari seluruh Indonesia datang ke Yogyakarta untuk melanjutkan studinya.

Yogyakarta merupakan tempat tujuan wisata utama di Pulau Jawa, banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal datang ke Yogyakarta untuk tujuan wisata, olahraga dan bersantai. Yogyakarta menyediakan fasilitas yang lengkap bagi wisatawan, seperti hotel, hotel berbintang, motel, penginapan, losmen, villa, restaurant, restaurant cepat saji, mall, supermarket, mini market, pusat perdagangan grosir, bar, kafe, spa, angkutan dan sebagainya.

Jika berkunjung Ke Yogyakarta, berkunjunglah ke Jalan Malioboro, rasanya belum terasa lengkap kalau belum mengunjungi Jalan Malioboro.
Jalan Malioboro adalah sebuah jalan utama yang terletak di utara Keraton Yogyakarta, letaknya berdekatan sekali dengan Keraton Yogyakarta. Malioboro adalah kawasan utama Kota Yogyakarta dan merupakan pusat perekonomian, banyak turis mancanegara yang datang mengunjungi Malioboro.

Banyak Obyek Wisata di sekitar Yogyakarta yang dapat di kunjungi, antara lain :
Keraton Yogyakarta Hadiningrat, Puro Pakualaman, Taman Sari, Istana Kepresidenan Gedung Agung, Makam Kota Gede.
Pasar Beringharjo, Pasar Burung Ngasem, Pasar Klithikan, Jalan Malioboro.
Candi Prambanan, Candi Borobudur, Candi Kalasan, Candi Sewu, Candi Mendut, Candi Sambi Sari, Candi Prabu Ratu Boko, Candi Sari, Candi Pawon, Candi Ijo, Candi Gebang, Candi Banyu Nibo, Candi Kedulan.
Gunung Merapi, Trekking lintas lereng Merapi,Wisata Kaliurang.
Pantai Glagah, Pantai Parangtritis, Pantai Kukup, Pantai Wedi Ombo, Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, Pantai Sadeng, Pantai Siung, Pantai Sepanjang.
Museum Sonobudoyo, Museum Batik dan Sulaman, Museum Beteng Vredeburg, Museum Perjuangan, Museum Biologi, Museum Kota Gede.
Sendratari Ramayana, Kethoprak, Jatilan, Wayang Orang, Wayang Golek, Wayang Kulit.
Taman Pintar Yogyakarta, Purawisata, Kebun Binatang Gembira Loka, Tugu Jogja, Gedung SMA 11 Jogyakarta.
Desa Wisata Kasongan, Desa Wisata Manding.
Kerajinan Perak, Kerajinan Batik, Kerajinan Kulit, Kerajinan Bunga Kering, Kerajinan Gerabah.
Perayaan :
Sekaten, Grebeg Maulud, Grebeg Syawal (Idul Fitri), Grebeg Besar (Idul Adha), Numplak Wajik, Labuhan (Kagungan Dalem), Siraman Kraton, Nguras Kong (Enceh), Rabu Pungkasan Wonokromo Pleret, Saparan Wonolelo, Saparan Gamping (Bekakak), Surat Demang, Labuhan Merapi, Tunggul Wulung, Pehcun, Nyepi, Waisak, Cing Cinggeling (Karangmojo), Pembukaan Cupu Panjolo, Saparan Kalibuka, Baritan, Rejeban Jatimulyo (Gendanghe), Nampi Pareden (Puro Pakualaman).

Perjalanan menuju Yogyakarta
Dengan menggunakan transportasi udara :
Jakarta - Yogyakarta
Dengan menggunakan pesawat udara, berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.
Dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Adisucipto di Yogyakarta, memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Di Bandara Adisucipto sudah tersedia mobil taxi, minibus, mobil sewaan.
Bali – Yogyakarta
Dengan menggunakan pesawat udara, berangkat dari Bandara Ngurah Rai di Kota Denpasar, Bali, menuju Bandara Adisucipto di Yogyakarta. Di Bandara Adisucipto sudah tersedia taxi, minibus, mobil sewaan.

Dengan menggunakan transportasi darat :
Jakarta - Yogyakarta
Dari Jakarta dengan menggunakan mobil travel, bus atau kereta api menuju ke Kota Yogyakarta. Perjalanan ke Kota Yogyakarta memerlukan waktu sekitar 8 jam perjalanan dengan mobil atau kereta api.
Bali - Yogyakarta
Dari Kota Denpasar, Pulau Bali dengan menggunakan mobil travel atau bus menuju ke Kota Yogyakarta. Perjalanan ke Kota Yogyakarta memerlukan waktu 16 - 20 jam perjalanan dengan mobil.