04 Januari 2010

Pantai Tanjung Kelayang Nan Tenang

Kepulauan Bangka Belitung terletak di timur Pulau Sumatera, yang dulunya adalah bagian dari Propinsi Sumatera Selatan, Pulau Sumatera.
Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan sebagai propinsi berdasarkan Undang-undang No. 27 Tahun 2000 pada tanggal 4 Desember 2000, disahkan baru pada tanggal 9 Februari 2002. Propinsi Bangka Belitung ibukotanya adalah Sungai Liat di Pulau Bangka.
Propinsi Bangka Belitung terdiri dari dua buah pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta beberapa pulau kecil lainnya, seperti Pulau Lepar, Pulau Burung, Pulau Mendanau dan masih ada beberapa pulau kecil lainnya.
Pantai Tanjung Kelayang adalah salah-satu obyek wisata yang terletak di Kecamatan Sijuk, ± 27 km dari Kota Tanjungpandan ibukota Kabupaten Belitung, Pulau Belitung.

Hal-Hal Yang Menarik Di Pantai Tanjung Kelayang
-Hamparan pasir putih halus dengan batu-batu besar diujung pantai
-Air laut yang sangat tenang dan berdesir pelan ke pantai
-Ombak hampir tidak ada, cocok untuk berenang
-Angin yang bertiup sepoi-sepoi, sejuk rasanya
-Terdapat pohon kelapa di sepanjang pesisirnya
-Terdapat batuan granit yang tersusun menakjubkan
-Cocok untuk tempat kegiatan fotografi
-Terdapat perkampungan nelayan

Karakteristik Pantai Tanjung Kelayang
●Sisi Timur Pantai Kelayang
Pantai sebelah timur adalah pintu masuk ke Tanjung Kelayang.
Pantai sebelah timur, permukaan dasar air pantainya jernih dan berpasir putih sehingga cocok untuk kegiatan berenang.
Permukaan pantainya lebar dan tidak ada batuan granit sehingga cocok untuk tempat bermain di tepi pantai.
Jika berjalan sepanjang pantai ± 300m ke arah utara, maka akan ditemukan bebatuan granit yang tersebar sepanjang ujung semenanjung sampai ke permukaan laut.

●Sisi Barat Pantai Kelayang
Di sisi barat terdapat lebih banyak batuan granit sehingga pantainya tidak sepanjang pantai disisi timur, batuan granit besar ini tersebar sampai di permukaan laut.
Ketika matahari akan terbenam, pemandangan di sisi barat terasa menjadi lebih menarik.
Dari puncak batu-batu granit di daerah ujung semenanjung, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam pantai yang indah.

Disamping menikmati keindahan Pantai Tanjung Kelayang, pengunjung juga dapat mampir ke kedai seafood yang ada disepanjang pantai. Pengunjung dapat mencicipi makanan khas setempat seperti gangan kepala ikan, ilak-ilak bakar, cumi goreng tepung dan tumis genjer. Tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, hanya berjarak lebih kurang 4 km terdapat juga sebuah pantai yang tidak kalah indahnya yaitu Pantai Tanjung Tinggi. Seperti halnya Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi juga memiliki ombak yang tenang serta memiliki batuan granit.