07 Desember 2008

Pesona Danau Toba

Danau Toba adalah obyek wisata yang sudah dikenal oleh banyak orang, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Danau Toba terletak diantara 3 (tiga) kabupaten, yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Parapat dan Kabupaten Ambarita di Sumatera Utara. Secara administratif Danau Toba merupakan bagian dari wilayah Tapanuli Utara. Diperlukan waktu ± 4 jam perjalanan untuk sampai di Danau Toba dari kota Medan dengan mempergunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Kota Parapat adalah sebuah kota yang terletak ditepi Danau Toba. Ketika memasuki Parapat akan terlihat pemandangan Danau Toba yang indah dan mempesona. Danau Toba adalah merupakan salah-satu danau terbesar yang ada didunia dan danau yang terbesar di Indonesia, dengan mempunyai luasan lebih kurang 100 km x 30 km menjadikan Danau Toba bagaikan sebuah lautan yang luas dimana ditengah Danau Toba ada sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir, yang berada pada ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut.

Hal-Hal Yang Menarik Pengunjung :
Danau Toba mempunyai keindahan yang sangat mengagumkan, dengan dikelilingi dinding-dinding bukit yang menjulang tinggi membuat Danau Toba tampak eksotis. Pengunjung dapat menikmati udara yang segar dan sejuk serta suasana yang nyaman atau melakukan kegiatan yang lain seperti berenang didanau, mengelilingi danau dengan perahu motor sewaan. Dikala senja hari, pengunjung dapat melihat indahnya matahari yang kembali keperaduannya.

Setiap tahunnya di Danau Toba diadakan perayaan Pesta Rakyat Danau Toba, dimana sebelumnya terlebih dahulu diadakan beberapa ritual sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur. Perayaan Pesta Rakyat Danau Toba ini adalah merupakan bagian dari daya tarik wisata.

Pulau Samosir yang berada ditengah Danau Toba mempunyai keindahan yang tidak kalah menariknya. Para wisatawan dapat mengunjungi pulau Samosir dengan menumpang kapal feri dari dermaga di kawasan Ajibata, Parapat. Sesampainya di desa Tomok pulau Samosir, pengunjung dapat mengunjungi obyek wisata seperti:
danau diatas danau (danau Aek Natonang dan danau Sidihoni), komplek makam Raja Sidabutar di Desa Tomok, komplek rumah tradisional Batak Toba Samosir.

Selain menikmati keindahan danau pengunjung dapat menyewa sepeda dan sepeda motor melalui pengelola penginapan. Hampir disepanjang jalan yang berjarak lebih dari 40 km antara Tomok, Tuk Tuk hingga Pangururan banyak dijumpai wisatawan mancanegara yang menggunakan sepeda untuk menikmati suasana alam pedesaan.

Fasilitas Yang Tersedia
Disekitar Danau Toba telah tersedia penginapan, villa, hotel berbintang, kafe, restoran, warung makan.

Toko Cinderamata
Dikawasan Danau Toba banyak terdapat toko-toko cinderamata, berbagai macam barang kerajinan dijual disana seperti: kain ulos, ukiran-ukiran kayu khas Batak, gitar Batak, souvenir dari bahan bambu.